15 September 2018

Perbedaan Lovebird Klep Dan Lovebird Non Klep (Agapornis Roseicollis) yang Terlupakan


Perbedaan Lovebird Klep Dan Lovebird Non Klep (Agapornis Roseicollis) yang Terlupakan -Lensalovebird.com-


Lovebird atau burung cinta kita ketahui telah memiliki penggemar khusus di kalangan pecinta burung. Hewan yang berasal dari Afrika ini terbagi atas beberapa jenis yang dapat dilihat dari klep atau kacamatanya, yakni lovebird klep dan non klep. Pada artikel ini, saya khusus membahas mengenai lovebird non klep. Keduanya memang berbeda, dapat dilihat dari beberapa bagian fisiknya. Selain itu dari tingkat kepopuleran, lovebird klep jauh lebih unggul daripada saudaranya. Berikut beberapa perbedaan ciri fisik kedua jenis lovebird ini.

lensalovebird.com

 


PERBEDAAN LOVEBIRD NON KLEP DAN LOVEBIRD KLEP


1. Dari Segi Lingkar Mata
Memang perbedaan utama dari kedua jenis lovebird ini memang terlihat dari lingkar mata. Untuk lovebird klep memiliki lingkar mata tebal dan juga berwarna putih. Sedangkan untuk lovebird non klep memiliki lingkar mata yang tidak terlalu tebal.

2. Dari Segi Ngekek
Dilihat dari suara ngekeknya, Lovebird klep lebih panjang, besar, dan bervariasi. Hal tersebut tidak. Isa dilakukan oleh lovebird non klep sehingga burung yang satu ini dianggap kurang menarik dan jarang diikutkan kontes burung oleh pemiliknya. Karena hal inilah membuat harga jual lovebird klep jauh lebih tinggi daripada lovebird non klep.

3. Dari Segi Warna
Lagi-lagi lovebird klep terlihat lebih menarik daripada lovebird non klep. Warna lovebird klep sangat terlihat dominan pada bulunya sehingga terlihat indah saat dilihat. Berbeda dengan lovebird non klep yang mempunyai warna yang lebih beragam dan terlalu banyak sehingga lebih susah dikenal. Hal itulah yang juga membuat lovebird klep dihargai lebih mahal. 

Contohnya saja biola, euwing, dan juga parblue yang dibanderol seharga diatas 3 jutaan. Sangat jauh berbeda dari non klep yang harganya lebih murah karena warnanya yang biasa saja dan cenderung kurang menarik. Selain itu lovebird non klep agak kusam atau tidak bersinar.

4. Dilihat dari Paruh
Secara bentuk fisik memang tidak ada perbedaan berarti dari kedua jenis lovebird ini. Perbedaannya justru terlihat dari warnanya. Lovebird kelp memiliki warna putih merah dan putih secara jelas dan tegas. Sangat jauh berbeda dengan lovebird non klep yang memiliki warna paruh tidak tegas dan agak memudar.

5. Dilihat dari Ukuran Tubuh
Lovebird klep memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan lovebird non klep

6. Cepat Produksi
Kalau soal ini, lovebird non klep lebih unggul daripada lovebird klep. Hanya membutuhkan waktu kurang dari sembilan bulan untuk membuat lovebird ini siap produksi. Sedangkan pada love bird harus menunggu umur 9 bulan baru siap berproduksi.


Lovebird Non Klep Kurang Diminati

Harus diakui memang lovebird non klep masih kalah populer daripada lovebird klep. Hal ini disebabkan karena masyarakat kurang begitu menyukai lovebird yang satu ini. Bahkan burung dengan klep yang tipis ini dipandang sebelah mata oleh sebagian kicau mania. Beragam macam warna dari lovebird ini dan juga mutasi-mutasi yang memiliki warna yang begitu indah ternyata tak membuat masyarakat jatuh hati dengan hewan yang satu ini.

Selain itu lovebird non klep juga tidak pernah diikutsertakan dalam lomba kicau oleh pemiliknya. Hal inilah yang juga menjadi salah satu penyebab mengapa hewan ini tidak begitu populer. Selama ini lovebird non klep yang diikutkan pada perlombaan seperti beuty contest. Lomba ini sendiri juga sangat terbatas karena hanya dilakukan pada kota-kota besar dan dijadikan ajang tahunan. Berbeda dengan lomba kicau yang sering diadakan di setiap kecamatan di daerah anda.

Namun meski begitu, tetap ada sisi dari lovebird non klep yang bisa diandalkan, yaitu burung ini pandai dalam merawat anakannya. Bahkan beberapa peternak burung lovebird mencoba lovebird non klep sebagai induk dari lovebird klep. Dan hasilnya terbukti berhasil sehingga banyak yang menirukan cara tersebut seperti apa yang dilakukan oleh peternak lovebird profesional seperti PB dan juga biola.

Karena kemampuan itulah dapat mengurangi rasa kekhawatiran anda yang kesulitan merawat anakan lovebird, karena semua bisa diatasi sendiri oleh induk loverbird non klep. Berbeda dengan lovebird klep jika dikumpulkan bersama anaknya di dalam sebuah kandang membuat keduanya cepat mati karena ketidakmampuan lovebird yang satu ini dalam merawat anakannya.

Para peternak biasanya memelihara kedua lovebird ini secara bersamaan. Saat lovebird klep bertelur, kemudian ditukar dengan lovebird non klep. Jadi pada saat telurnya sudah menetas maka yang akan merawat anaknya hingga bisa makan sendiri adalah lovebird non klep. Jadi burung satu ini tetap bisa diandalkan meskipun tidak sepopuler sejenisnya.


Berdasarkan keterangan-keterangan diatas sebenarnya lovebird non klep sangat bisa untuk dikembangkan dan memiliki prospek yang bagus ke depannya. Apalagi jumlah peternaknya yang masih sedikit sehingga anda tidak terlalu memiliki banyak pesaing jika ingin mengembangkannya. Tak cukup sampai disitu, lovebird yang satu ini juga terkenal cerdas dan dapat dilatih dengan skill-skill khusus. Tentu anda sebagai pecinta burung sangat rugi jika tidak memelihara hewan yang satu ini karena prospek kedepannya yang begitu baik. 






                          MILET KONSLET TERBAIK (MILET NITRO)

Share this

0 Comment to "Perbedaan Lovebird Klep Dan Lovebird Non Klep (Agapornis Roseicollis) yang Terlupakan"

Post a comment