10 September 2018

MASTERAN LOVEBIRD DURASI PANJANG TIPS PEMASTERAN LOVEBIRD AGAR DURASI BISA PANJANG


Pemasteran Lovebird yang Baik Agar Durasi Kekean Panjang -Lensalovebird.com-

Sobat kicau mania tentu menginginkan agar lovebird ngekek panjang dengan variasi suara yang beragam. Setiap pecinta burung atau kicau mania tentu saja menginginkan suara burung yang enak untuk didengar, tak terkecuali burung lovebird. Banyak dari kalangan kicau mania yang kurang puas dengan suara dari loverbird itu sendiri, sehingga mereka mencari cara bagaimana mengubah suara itu agar semakin gacor dan bisa menirukan suara burung lain.

lensalovebird.com


Bagi orang awam, istilah pemasteran tentu saja tidak begitu dikenali dan hanya diketahui oleh para pecinta burung saja. Istilah pemasteran disini yang dimaksud adalah membuat seekor burung loverbird dapat menirukan suara burung lain yang sejenis. Bukankah suara lovebird pada dasarnya sudah merdu? Lalu mengapa masih harus menirukan suara burung lain?

Ternyata ada tujuan dibalik itu semua, yakni sebuah kompetisi. Supaya loverbird jadi juara, diperlukan suara yang ngekek dan gacor saat berkicau yaitu dengan menggunakan teknik pemasteran. Pemasteran disini bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan melalui suara rekaman MP3 burung sejenis, memakai rekaman suara rekan MP3 burung masteran, atau langsung menggunakan burung masteran.

Keunggulan dan Kelemahan Pemasteran Menggunakan Burung Asli ataupun MP3 :

1. Menggunakan Burung Asli

Keunggulan menggunakan burung asli sebagai pemaster lovebird yakni suaranya dinilai efektif untuk ditangkap oleh lovebird karena suaranya asli dan juga intonasinya jelas. Selain itu suara burung dapat didengar sepanjang hari secara alami sehingga burung yang dimaster lebih mudah dalam menghafal suaranya.

Disisi lain, cara ini juga memiliki kelemahan yaitu biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Anda harus membeli burung-burung masteran yang sudah gacor dengan harganya yang selangit. Selain itu, diperlukan juga perawatan burung-burung masteran tersebut sehingga kita harus banyak meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukannya. Dari segi biaya juga, perawatan sehari-hari tentu tidak sedikit jika kita memelihara banyak burung masteran untuk dirawat sekaligus.


2. Menggunakan MP3 player

Pertama kita bahas kekurangannya terlebih dahulu menggunakan cara yang satu ini. Menggunakan MP3 player dinilai kurang efektif karena bisa membuat burung yang dimaster menjadi strategi dan jenuh karena mendengar suara bising dari MP3 player yang diputar secara berulang-ulang tanpa adanya jeda. Dari kualitas suara pun belum tentu bagus, dan intonasi serta frekuensi tidak akan sebagus suara burung asli.

Sementara itu kelebihan menggunakan cara MP3 player ini yaitu biayanya yang dikeluarkan relatif lebih sedikit jika dibandingkan menggunakan burung asli. Berbagai jenis suara dari MP3 player juga tersedia lebih banyak dan bervariasi dan bisa ditambah sesuai keinginan kita tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi. Perawatan pun tidak perlu dilakukan seperti pada cara pertama tadi.


Contoh burung-burung yang memiliki suara yang sama dengan lovebird diantaranya yaitu cililin, kenari, tengek, dan cucak jenggot jika pemasteran ditujukan untuk event perlombaan. Sedangkan jika tujuannya agar suara lovebird memiliki kicauan yang lebih bervariasi, maka anda bisa menggunakan prenjak betina dan ciblek sebagai pemasternya.


Jenis burung yang bagus untuk pemasteran lovebird

1. Cililin

Cililin dikenal sebagai burung yang memiliki suara yang begitu nyaring dan tajam. Hal ini tentu saja membuat proses pemasteran loverbird dengan suara burung tersebut menjadi mudah masuk dan terserap. Sehingga suara ngekek burung Lovebird menjadi semakin nyaring dan panjang, dikarenakan cocok dengan karakter suara burung cililin.

2. Kenari

Berbicara soal suara, burung yang satu ini terkenal dengan pembawaannya yang mengalun sehingga bisa dijadikan masteran Lovebird yang baik. Suara ngekek dari lovebird pun semakin memiliki irama yang bervariasi.

3. Cucak jenggot

Burung cucak jenggot mempunyai ciri khas suara besetan yang bisa anda jadikan pilihan alternatif guna memaster burung Lovebird. Hal ini bertujuan agar suara ngekek dari lovebird itu sendiri semakin bertambah ciri khasnya.


Tips Pemasteran Burung Lovebird

Disarankan agar melakukan pemasteran semenjak loverbird masih anakan. Tujuannya agar suara lovebird semakin ngekek dengan cepat jika dilatih sedari kecil. Selain itu masalah durasi juga perlu diperhatikan, lovebird harus dimaster secara teratur, selama 1-2 jam untuk sekali pemasteran. 

Jangan lupa selingi dengan istirahat. Sebagai contoh, anda melakukan pemasteran pada pukul 08.00-10.00 WIB, maka setelah itu lovebird perlu diistirahatkan dulu dan dilanjutkan lagi pada pukul 13.00 - 15.00 WIB, begitupun selanjutnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan dalam pemasteran lovebird menggunakan rekaman burung sejenis/masteran :

Menggantang anakan lovebird diantara dua hingga tiga jenis burung masteran dalam satu ruangan
Mendekatkan loverbird dengan masterannya setiap hari. Dalam artian kedua jenis burung ini harus saling berdekatan.
Memutarkan rekaman suara burung masteran sebanyak dua hingga tiga suara yang dapat diputar secara otomatis

Selain itu tempat yang nyaman dan tenang juga membuat loverbird bisa lebih cepat menirukan suara masterannya karena otak dapat menyerap lebih cepat di kala suasana sedang tenang. Memang untuk melakukan ini semua diperlukan latihan tidak hanya sekali dua kali, tapi berkali-kali hingga loverbird benar-benar bisa memiliki suara gacor dan bisa diandalkan di dalam perlombaan. Sekian dan semoga bermanfaat.






BACA JUGA : TIPS RAWATAN LOVEBIRD AGAR SIAP LOMBA
                          MILET RACIKAN NITRO, MILET SPESIALIS KONSLET

Share this

0 Comment to "MASTERAN LOVEBIRD DURASI PANJANG TIPS PEMASTERAN LOVEBIRD AGAR DURASI BISA PANJANG"

Post a comment