11 February 2018

Teknik Long Exposure Photografi (Tips Memotret Long Exposure)

kurniawanjaka.blogspot.com



Banyak kawan fotografi yang baru memulai masuk ke dalam seni foto menginginkan percobaan memotret star trail, berkas cahaya, dll namun masih bingung untuk melakukannya. Teknik long exposure sebenarnya mudah dilakukan dan dapat menghasilkan foto yang dramatis, fotografer hanya cukup mempersiapkan peralatan tambahan sedarhana seperti filter ND, tripod, dan lighting. long exposure  Yaitu teknik yang mengombinasikan antara objek diam dengan objek yang bergerak. Ditambah juga pengaturan shutter speed yang lambat untuk mendapatkan efek pergerakan (Bekas jejak) dari benda yang bergerak.
pada pembahasan kali ini kita akan membahas langkah – langkah memotret long exposure pada pemandangan seascape. Berikut ini adalah langkah – langkahnya:

Langkah 1 : Mempelajari cuaca

Sebelum melakukan pemotretan pelajarilah kondisi cuaca. Anda bisa memantau kondisi cuaca dari internet atau dari badan meteorologi. Langit dengan awan yang merata adalah komposisi yang bagus untuk merekam pemandangan.

Langkah 2 : Kunjungi lokasi


Kunjungi lokasi sebelum melakukan pemotretan long exposure. Anda perlu meluangkan waktu untuk mengamati pemandangan. Faktanya adalah bahwa apa yang anda lihat di hasil pemotretan long exposure tentu akan berbeda dengan kondisi lokasi yg sebenarnya. Jadi sebelum melakukan pemotretan bayangkan tentang pemandangan seascapes, dan keharmonisan komposisinya termasuk di dalamnya objek yang bergerak serta perkiraan arah pergerakan awan dan kekuatan ombak. Usahakan jangan memasukkan matahari ke dalam komposisi karena pergerakannya cepat dan akan mengakibatkan ada area yang overexposure. Jika matahari tidak dapat dihindari, maka tunggulah sampai matahari tertutup awan.

Langkah 3 : Gunakan tripod yang stabil


kurniawanjaka.blogspot.com


Pasanglah kamera anda pada tripod dan pasang juga aksesoris seperti remote/kabel release dan filter holder (jika anda menggunakan drop-in filter). Namun, jangan langsung memasang filter ND pada kamera.

Langkah 4 : Atur komposisi dan kuncilah fokus


Perbaiki komposisi, dan lakukan focusing jika anda menggunakan pemfokusan manual. Tetapi, jika anda menggunakan autofocus, lakukan dengan menekan setengah tombol shutter sampai fokus diperoleh, pindah tombol fokus dari auto ke manual agar nilai fokus yang sudah diperoleh tidak berubah dan lakukan komposisi ulang.

Langkah 5 : Atur exposure


Sekarang aturlah kamera menggunakan mode manual (M) atau aperture priority (A/Av). Kemudian set aperture antara f/8 dan f/11. Lakukan perekaman gambar percobaan sampai didapat exposure yang tepat dengan mengeceknya di histogram (jangan mengecek didisplay, karena terlalu terang). Setelah didapat exposure yang tepat dari shot percobaan tadi, catat nilai shutter speed didapat.

Langkah 6 : Sekarang saatnya memasang filter neutral density (ND) di lensa anda.


kurniawanjaka.blogspot.com


Anda tidak akan dapat melihat pemandangan melalui viewfinder ataupun liveview jika menggunakan filter ND yang kuat seperti filter 10 stop. Tapi jangan khawatir, karena anda sudah melakukan komposisi dan setting exposure dilangkah 5 tadi.

Langkah 7 : Beralihlah ke mode Bulb


Ubah modus kamera ke mode Bulb (B), untuk memperoleh waktu exposure yang lebih lama dari 30 detik. Jangan mengubah setting yang telah dilakukan dilangkah sebelumnya tadi.

Langkah 8 : Saatnya mengambil gambar long exposure


Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan shutter untuk terbuka, ini lebih sulit dari yang kita kira. Pertama, kumpulkan nilai shutter speed yang dicatat dilangkah 5 tadi. Sekarang anda harus mengkompensasi nilai shutter speed tadi dengan nilai stop filter yang dgunakan. Misalnya, jika shutter speed pada saat shot percobaan tadi 1/15 detik, maka waktu exposure yang diperlukan adalah sekitar 60 detik jika menggunakan filter ND 10 stop. Jangan bingung dengan hitungan matematikanya, kita dapat mengkonversi secara langsung waktu exposure dengan melihat tabel konversi filter ND yang sudah ada di internet.

Langkah 9 : Cek histogram lagi setelah anda merekam gambar long exposure.


Jika histogram yang terbaru ini sudah hampir mendekati dengan histogram pada waktu shot percobaan tadi maka misi suadah selesai. Apabila histogram yang terbaca terlalu ke kiri atau ke kanan, maka ulangi lagi perekaman gambar long exposure dengan mengubah shutter speed.


                    Teknik Memotret Outdor Dengan Kondisi Backlight



Share this

0 Comment to "Teknik Long Exposure Photografi (Tips Memotret Long Exposure)"

Post a comment