22 January 2018

APA YANG MENYEBABKAN HARGA BITCOIN NAIK TURUN?









Naik Turunnya Harga Bitcoin
Jika Anda saat ini sedang mengamati harga Bitcoin, maka Anda akan terkesima dengan naik turunnya harga Bitcoin (fluktuasi) yang cepat. Bahkan Anda mungkin juga bertanya-tanya, apakah perusahaan-perusahaan (seperti Luno) yang menentukan harga Bitcoin?



Analogi Penentuan Harga Jeruk

Sebelum membahas mengenai pembentukan harga Bitcoin, kami ingin membahas mengenai konsep penentuan harga. Mari kita bicara bagaimana pembentukan harga sebuah jeruk.

Berapa harga sebuah jeruk?
Jawabannya: tergantung pada harga permintaan (orang yang membeli) dan harga penawaran (orang yang menjual). Dalam bahasa praktisnya adalah supply and demand
Contoh:
Jika Budi ingin menjual jeruk dengan harga Rp3.000 dan Anton hanya mau membayar Rp2.000 maka deal tidak terjadi. Namun jika Budi dan Anton sepakat dengan harga tertentu, misalnya Rp2.500, maka deal terjadi dan transaksi berlangsung.

Selain itu, ada juga beberapa alasan yang menyebabkan pembentukan harga. Dalam penentuan harga jeruk, konteks dan lingkungan pasar juga akan mempengaruhi harga.
  • Pada musim panas, lebih banyak orang mau membeli jeruk, sehingga harga jeruk akan naik.
  • Ketika terjadi bencana alam seperti banjir sehingga persediaan jeruk berkurang, semakin banyak orang kesulitan membeli jeruk sehingga harga jeruk juga akan naik.
  • Harga jeruk juga dipengaruhi oleh ukuran, rasa kemanisan dan lain sebagainya.

Penentuan Harga Bitcoin

Pada prinsipnya penentuan harga Bitcoin sama seperti penentuan harga jeruk. Pasti ada deal antara harga penawaran (harga dari orang-orang yang menjual Bitcoin) dan harga permintaan (orang yang membeli Bitcoin).
Perbedaannya, Bitcoin dan mata uang digital bersifat homogen. Artinya satu Bitcoin identik dengan Bitcoin lainnya. Tidak ada

Jadi, Kenapa Harga Bitcoin Sangat Fluktuatif?

Jadi, sebenarnya alasan mengapa harga Bitcoin lebih fluktuatif dibandingkan mata uang lainnya adalah; tidak adanya satu pun entitas yang mengontrol harga Bitcoin.

Harga Bitcoin ditentukan oleh semua orang yang memiliki Bitcoin (berapapun jumlahnya).
Jika Anda memiliki Bitcoin saat ini, Anda termasuk salah satu orang yang menentukan harga Bitcoin. Jika Anda tiba-tiba menjual semua Bitcoin Anda, maka harga akan bergerak turun (karena penawaran/supply kini bertambah).
Begitu juga jika Anda tiba-tiba ingin membeli banyak Bitcoin, Anda telah berkontribusi pada jumlah permintaan (demand) Bitcoin, sehingga harga akan bergerak naik.
Sekarang, bayangkan ada jutaan orang yang memiliki Bitcoin di dunia dengan harga jual dan harga beli yang berbeda-beda. Dengan mengumpulkan mereka semua, Anda akan mendapatkan nilai tengah pasar antara harga permintaan dan harga penawaran – dan itulah harga Bitcoin pada saat itu.

Share this

2 Comments to "APA YANG MENYEBABKAN HARGA BITCOIN NAIK TURUN?"

Post a Comment