17 December 2017

PERBEDAAN ANTARA KAMERA SLR DENGAN DSLR





Bagi kamu pecinta fotografi pastinya tidak asing lagi mendengar istilah kamera SLR dan DSRL dimana keduanya memiliki perbedaan dan persamaan dan penggemarnya masing-masing. Sejarah dari kamera SLR yang pertama kali muncul pada tahun
1930an merupakan salah satu mainan para fotografer profesional yang memiliki harga tidak murah. Kamera SLR awalnya menggunakan 127 roll film yang kemudian berganti menjadi film 35 mm.

Kemunculan kamera DSLR pada awal tahun 1990 masih belum mendapat sambutan hangat dari fotografer karena cara pengoperasiannya yang lebih sulit yang mana fotografer sudah terbiasa menggunakan kamera analog, disamping itu kamera DSLR memiliki harga yang sangat mahal saat itu. Namun, seiring perkembangan teknologi hal ini menuntut para fotografer untuk mulai beralih dari kamera analog ke kamera digital. Dengan kemunculan kamera DSLR bukan berarti kamera SLR hilang dari pasaran, kamera SLR masih tetap populer bagi fotografer lebih menyukai hasil seluloid daripada digital.

Yang menjadi pembeda antara kamera slr dengan dslr adalah

1.Fleksibilitas



Yang menjadi pembeda antara kamera SLR dan DSLR ialah terletak pada fleksibilitas dimana kamera DSLR memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dari pada kamera SLR terutama untuk pertukaran berbagai variasi lensa. Pada kamera DSLR terdapat beberapa macam lensa yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk kamera SLR menggunakan film yang bisa menangkap cahaya dengan sangat baik bahkan versi digital belum ada yang dapat mengalahkan media film dalam proses penangkapan cahaya serta penerjemahan warnanya.

2. Kualitas gambar



Pada kamera SLR menggunakan jalur tunggal untuk dapat melewatkan cahaya pada dua tempat di foacal plane serta viewfinder, hal ini memungkinkan dapat melihat objek kamera yang sama persis dengan objek aslinya. Untuk kualitas gambarnya, kamera SLR memiliki kualitas yang lebih rendah dari kamera DSLR.

Sedangkan pada kamera DSLR sudah memiliki kualitas gambar yang cukup baik karena memakai single-lens refleks sehingga bisa menghasilkan gambar terbaik bahkan ketika keduanya memiliki total yang sama MP-nya dimana kamera ini memiliki kepekaan cahaya yang lebih tinggi. Perbedaan kamera DSLR dan SLR terlihat jelas pada pengolahan gambar setelah pemotretan berlangsung karena akan lebih mudah mengedit hasil dari DSLR daripada jenis kamera SLR.

3. Kinerja



Kinerja shutter pada kamera SLR berbeda dengan kamera DSLR dimana pada kamera SLR memiliki waktu jeda dari setiap pemotretan dan delay ketika shutter ditekan sehingga dapat berakibat kehilangan momen. Kamera DSLR memiliki autofocus yang cepat, penundaan rana yang lebih pendek, kapasitas memori lebih besar dan respons yang cepat saat syuting berkesinambungan.

Untuk optical, kamera DSLR menggunakan mechanical mirror system serta pentaprisme sehingga pengguna dapat mengarahkan cahaya secara langsung menuju ke optical view finder yang ada di kamera, sehingga kamera ini lebih mudah dan cepat dalam proses pemakaiannya. Sedangkan, kamera SLR memiliki lebih banyak variasi optical yang lahir, selain itu ada beberapa rekayasa dari optical yang tidak mampu dilakukan oleh media digital.

4. Upgradeable



Untuk masalah upgradable, kamera DSLR lebih unggul karena selalu bisa diupgrade dengan sangat mudah dan bisa dipakai bertahun-tahun sehingga tidak akan pernah merasakan ketinggalan zaman. Kamu bisa upgrade kameramu di toko aksesoris sehingg membuat kameramu lebih dapat diandalkan dan mudah dioperasikan. Sedangkan kamera SLR merupakan jenis kamera yang sudah ada sejak sangat lama yang mana dari dulu sudah sering digunakan dan masih memakai sistem analog serta roll film.

5. Price




Beda produk maka beda pula harga yang ditawarkan, hal ini tergantung dari merek produk, jenis produk, dan fitur yang tersedia. Terdapat perbedaan harga yang mencolok antara kamera SLR dan kamera DSLR dimana pada kamera DSLR memiliki harga yang lebih tinggi dari SLR karena kelengkapan fitur yang dimilikinya. Kamu bisa mengeluarkan uang sebesar dibawah Rp 2 juta untuk mendapatkan kamera SLR, sedangkan kamera DSLR kamu bisa mengeluarkan uang antara Rp 4 juta sampai Rp 5 juta untuk mendapatkan kamera DSLR pemula.

Share this

0 Comment to "PERBEDAAN ANTARA KAMERA SLR DENGAN DSLR"

Post a comment