29 December 2017

DASAR-DASAR FOTOGRAFI FLASH EXTERNAL





Dasar-dasar fotografi flash -LunarArt- Unit flash eksternal adalah alat bantu yang sungguh baik untuk dimiliki. Di samping keuntungannya yang praktis—flash eksternal adalah iluminator (penyinar) yang dahsyat untuk pemandangan rendah cahaya, sangat bagus untuk memberikan cahaya pengisi untuk bidikan di siang hari, membantu meniadakan mata merah, dan bahkan sanggup menghemat masa pakai baterai kamera—alat ini juga dapat dengan mudah diposisikan dan diarahkan sehingga Anda bahkan bisa menjadi lebih kreatif dengan bidikan Anda. Serial artikel ini memperkenalkan sebagian teknik dasar untuk mengawali pengalaman Anda merambah keindahan fotografi flash eksternal. 


MEMULAI FOTOGRAFI FLASH DALAM 9 LANGKAH

Memahami peran tiap fungsi pada unit flash eksternal akan membuat fotografi flash eksternal jauh lebih memudahkan untuk dipahami. Artikel ini memberikan petunjuk langkah-demi-langkah tentang cara mengoperasikan sistem flash E-TTL Auto, menjelaskan sebagian konsep dasar fotografi flash eksternal sambil berjalan.

BOUNCE FLASH PHOTOGRAPHY (BAGIAN 1) 

Bounce flash photography (Fotografi cahaya pantulan): Suatu teknik yang membantu menciptakan pencahayaan lembut yang alami dalam foto, dan ini mencakup pemantulan ("bouncing") cahaya dari flash (lampu kilat) ke objek lain. Bagian 1 memberikan petunjuk langkah-demi-langkah mengenai dasar-dasar pemotretan potret di dalam ruangan yang terlihat alami. 

BOUNCE FLASH PHOTOGRAPHY (BAGIAN 2) MENGUBAH WARNA MENGGUNAKAN PENGATURAN WHITE BALANCE

Perluasan dari Bagian 1, untuk memberikan saran yang lebih terkini untuk bounce flash photography (Fotografi cahaya pantulan). Belajar cara menggunakan Flash Exposure Compensation (Kompensasi Pencahayaan Lampu Kilat) untuk menyesuaikan nada dan white balance foto cahaya pantulan Anda.

DAYTIME SYNC (PART 1) MENANGKAP SUBYEK YANG BERDIRI MENGHADA MATAHARI

Teknik menggunakan flash eksternal sebagai bantuan/pengisian cahaya untuk cahaya matahari dikenal sebagai "daytime sync".  Bagian 1 mengajarkan Anda cara menggunakannya untuk menyinari subjek dalam pemandangan dengan cahaya latar dari matahari.

DAYTIME SYNC (PART 2) MENANGKAP BIDIKAN DAN SUBJEK YANG CERAH DAN MENGESANKAN

Belajar cara menggunakan daytime sync dalam berbagai situasi yang pencahayaannya tidak memadai, dan juga cara-cara Anda dapat menggunakannya untuk fotografi potret (wajah) dan bunga.

CARA MRNGHASILKAN BIDIKAN CERAH DAN JELAS

Dalam artikel ini, pelajari teknik di balik perpaduan fotografi flash dengan kecepatan ISO tinggi ke salah satu ini, 1. Membuat model terlihat berseri 2. Menangkap burung liar dalam warna yang jelas, dan 3. Mereproduksi nada kulit yang alami dalam foto Anda. 

MENANGKAP POTRET WAJAH DENGAN SLOW SYNC FLASH

Slow sync flash adalah teknik memadukan kecepatan rana lambat dengan flash eksternal. Artikel ini memberikan 2 studi kasus tentang bagaimana Anda dapat menggunakannya dalam fotografi potret wajah untuk menangkap gambar subjek yang tajam, dalam suasana malam atau bahkan apabila terdapat buram gerakan.

MEMBEKUKAN PERGERAKAN DENGAN HIGH SPEED SYNC

Memang ada pembatasan pada kecepatan rana paling pesat yang dapat Anda gunakan pada flash normal, yang bisa cukup menjadi rintangan untuk pemandangan tertentu yang melibatkan gerakan cepat atau lincah, misalnya, balapan sepeda atau menangkap burung yang sedang terbang dan serangga. Berikut adalah cara Anda bisa memperoleh kecepatan rana yang lebih pesat dengan penggunaan high-speed sync.  

MENYESUAIKAN FLASH DURATION UNTUK MENANGKAP SUBYEK

Anda bisa menggunakan Speedlite untuk membantu menangkap momen yang berlalu begitu sekilas sehingga tidak terlihat secara kasat mata, dengan cara mengontrol durasi flash. Belajarlah cara melakukannya dengan studi kasus langkah-demi-langkah ini. 

STROBOSCOPIC FLASH

Stroboscopic flash adalah fitur yang memungkinkan Anda mendapatkan multiple exposures (pencahayaan multipel) dengan menembakkan flash secara beruntun. Bagaimana Anda melakukannya, dan apa yang seharusnya Anda cermati untuk memanfaatkannya sebaik mungkin? Cari tahu dalam artikel ini.

PENEMBAKAN NIRKABEL

Penembakan nirkabel memungkinkan Anda untuk menembakkan flash jarak jauh yang ditempatkan pada jarak yang jauh dari kamera. Baca artikel ini untuk mendapatkan sebagian saran dan gagasan tentang cara menggunakan fitur ini untuk fotografi lanskap, potret wajah dan gambar diam.

FOTOGRAFI MULTI FLASH

Sebagian besar Speedlite Canon memungkinkan Anda mengontrol dan menembakkan beberapa unit Speedlite dari jarak jauh. Berikut ini adalah sejumlah cara Anda dapat menggunakan fotografi multi-flash untuk menciptakan efek penampilan profesional. Memang caranya sangat bersifat teknis, tapi layak dicoba!

FOTOGRAFI DENGAN MACRO LITE FLASH

Macro Lite Canon memungkinkan Anda membidik dengan tingkat kecerahan yang tepat, bahkan apabila ditembakkan dari jarak sedekat 2cm dari subjeknya. Bacalah tentang cara Anda dapat menggunakannya, tidak hanya untuk memperoleh foto makro yang mengagumkan, tetapi juga untuk menghasilkan efek unik dalam bidikan potret. 

Share this

0 Comment to "DASAR-DASAR FOTOGRAFI FLASH EXTERNAL"

Post a comment