19 December 2017

CARA MERAWAT KAMERA DSLR AGAR TERHINDAR DARI JAMUR DAN FOG (Tips merawat kamera dan lensa dslr)


cara merawat kamera dslr agar terhindar dari jamur dan fog


Jamur pada lensa kamera memang sangat amat membat kesal pengguna kamera khususnya DSLR, bagi beberapa jamur tipis mungkin tidak ada pengaruh hasil yang signifikan. namun bila jamur pada lensa kamera sudah terlihat banyak maka hal ini sangat merugikan karena
hasil foto yang didapat tidak akan sebagus kamera dengan lensa yang bersih.
Pada setiap elemen yang terbuat dari kaca sering kita jumpai nampak seperti bercak atau kotoran yang menyerupai jamur baik ukuran kecil maupun ukuran besar bahkan ada yang menyerupai kabut jika keadaan sudah sangat parah. Dan inilah yang tidak kita sukai jika menghinggapi kamera kita.



Dampak negatif dari jamur pada lensa tentunya gambar yang kita hasilkan kualitasnya akan menurun seperti gambar blur dan saat membidik gambar kita akan mengalami susah fokus. Kebanyakan penyebab jamuran pada lensa kamera ini karena faktor penggunaan dan perawatan yang salah. Sebuah lensa ibarat sebuah mata dari sebuah kamera, dan ini adalah salah satu bagian fital dari kamera yang harus benar-benar kita perhatikan. Agar kamera kita tetap bekerja secara maksimal maka kita harus benar-benar memperhatikan dalam hal penggunaan maupun perawatannya.


Berikut tips merawata kamera kita agar tidak mengalami jamuran :
 
1.  JAGA KEBERSIHAN

Nah ini adalah hal yang sering sekali kita abaikan, terkadang kita seenaknya saja memakai kamera kita di sembarang tempat yang mungkin tempat tersebut banyak debu-debu yang sedang beterbangan. Apalagi kejadian ini terluang berkali-kali, tentunya hal ini akan membuat kamera kita lebih beresiko terkena jamur pada lensanya. Kita harus benar-benar mengkondisikan lingkungan sekitar kita sebelum menggunkan/ mengambil gambar dengan kamera kita. Kemudian jaga agar kamera kita tetap dalam kondisi yang kering.



2.  BERSIHKAN BODY KAMERA SECARA RUTIN

Dari tips-tips dari teman saya, saya mebersihkan body kamera dengan minyak kayu putih. Kenapa memakai minyak kayu putih? Karena bahan tersebut lebih cepat mengering karena memiliki kandungan air yang sedikit. Tetapi untuk lebih aman anda bisa membeli cairan pembersih kamera yang sudah tersedia toko-toko kamera terdekat anda. Jangan lupa gunakan kain yang halus agar tidak merusak bodi kamera kita. Selain kandungan air yang sedikit Minyak Kayu Putih juga dapat mengangkat kotoran-kotoran yang lengket pada bahan plastik termasuk bahan karet pada ring zoom dan ring fokus yang terdapat pada lensa kamera kita.

Dan jangan gunakan bahan tersebut untuk membersihkan lensa/optik maupun mengenainya sedikitpun (Hanya untuk membersihkan bodi kamera saja).

3.  CAPS LENSA

Jangan lupa selalu tutup lensa kamera kita dengan caps penutup selagi kamera kita tidak digunakan (baik saat dalam penyimpanan maupun dalam kondisi kegiatan pemtrotretan).

4. PASANG FILTER

Bagi kita yang menyukai fotografi yang mengedapankan kecepatan seperti dokumentasi lapangan, sepak bola, dll maka disarankan untuk menggunakan filter diujung lensa dari kamera kita. Untuk jenis filternya sendiri dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Namun kebanyakan para fotografer menggunakan filter UV yang bersifat netral. Selain dapat memberikan efek tertentu, filter ini juga dapat melinndungi optik lensa kita dari debu dan benturan dari benda-benda yang tidak kita harapnkan.

5. BERSIHKAN OPTIK

Hendaklah kita selau rutin membersihkan optik lensa kita dengan menggunkan kain yang halus atau pembersih kusus untuk lensa. Jangan membersihkan optik lensa dengan menggunakan tisu, karena tisu memilik tekstur yang kasar dan cenderung akan memberikan goresan pada optik lensa kita. Apalai kaos yang sedang kita kenakan, terkadang jika kita sudah berada di lapangan kita malas sekali untuk berhenti sejenak dan membersihkan optik lensa kita dengan layak. Kita hanya reflek membersihkannya dengan kain kaos yang sedang kita kenakan. Ini hanya akan memperburuk kualitas dari lensa kita jika kita terlalu sering memperlakukannya seperti ini.

6. HINDARI KONTAK LANGSUNG


Nah inilah hal yang paling rawan menjadi bibit jamur di lensa kamera kita. Hindari kontak/sentuhan langsung ke bagian optik lensa dengan jari atau tangan kita. Hal ini sangat penting karena bagian tubuh kita cenderung basah dan lembab, tentunya jika kita gunakan untuk mneyntuh optik maka akan meninggalkan bekas/noda. Dan jika dibiarkan terlalu lama maka noda tersebut akan menjadi cikal bakal tumbuhnnya jamur di lensa kamera kita.

7. HINDARI PERGANTIAN SUHU EXSTRIM

Usahakan jika kita sering menjalani aktifitas fotografi yang menuntut pergantian tempat yang bersuhu berbeda secara signifikan seperti saat kita sedang di daratan yang bersuhu panas dan kita akan melakukan pemotretan di gunung maka suhu pun akan berubah dengan sangat cepatnya. Disarankan kita menggunakan DRY BOX untuk membawa kamera kita karena hal ini akan mencegah kamera kita dari kelembaban udara secara berlebihan. Karena kondisi udara yang lembab akan dapat dengan mudah menimbulkan jamur pada optik lensa kamera kita.


8. GUNAKAN DRY BOX UNTUK MENYIMPAN GEAR KAMERA

Kelembaban diatas 60 RH(Relative Humidity) menyediakan tempat yang baik pada jamur untuk tumbuh. Jamur dan kelembaban dapat merusak berbagai benda berharga milik kita, misal peralatan fotografi, lukisan, buku, peralatan elektronik dll. Dalam kasus mengamankan peralatan fotografi, kita perlu menyimpannya dalam Dry box/Dry Cabinet agar selalu dalam kondisi kelembaban yang pas dan tidak terpengaruh terhadap perubahan suhu/iklim. Untuk peralatan fotografi akan sangat baik berada pada kelembaban antara 45-55 RH. Jamur merupakan musuh utama peralatan fotografi, karena bukan hanya sulit dihilangkan damun dapat merusak kamera, terutama lensa yang dapat dengan mudah menjadi tempat tumbuhnya jamur. Jamur dapat tumbuh didalam dan dibagian bawah optik lensa, dan tanpa perlindungan yang tepat akan dapat terkena serangan jamur. Sekali jamur tumbuh maka akan menyebar dengan cepat dan dapat menginfeksi peralatan lain didekatnya. Hal ini terjadi jika anda menyimpan lensa berjamur dengan lensa bebas jamur dalam satu tempat. Masalah lain adalah jika kita memaksa membersihkan jamur maka juga akan merusak lapisan pelindung lensa yang berfungsi melindungi lensa dari goresan dan meminimalisasi flare akibat sinar matahari.


Share this

0 Comment to "CARA MERAWAT KAMERA DSLR AGAR TERHINDAR DARI JAMUR DAN FOG (Tips merawat kamera dan lensa dslr)"

Post a comment