25 April 2017

KELEBIHAN LENSA KIT 18-55mm



Lensa kit, lensa bawaan dari kamera DSLR yang biasanya memiliki ukuran 18-55mm. Lensa kit ini dianggap sebagai lensa paling murah, lensa paling banyak dipakai, dan lensa yang kemampuannya terbatas katanya. Sebenarnya selain 18-55mm beberapa produsen DSLR juga memiliki lensa kit dengan ukuran 18-105mm pada Nikon maupun 18-135mm pada Canon. Namun yang akan kami bahas saat ini adalah lensa 18-55mm yang konon menjadi lensa sangat ‘dahsyat’ jika dimanfaatkan, bahkan bisa setara dengan lensa-lensa mahal. Ya, kira-kira apa saja yah kelebihan lensa kit 18-55mm ini?
Simak berikut ini ulasan selengkapnya:

- Ringan

Desain yang kecil dan ringan menjadi keunggulan pertama yang dimiliki oleh lensa kit 18-55mm. Mana ada lensa kit ukuran ini yang berukuran besar dan berat? Justru dengan ringan dan kecilnya membuat pengguna lebih nyaman, tidak cepat pegal dan enteng dibawa kemana-mana. Bandingkan dengan lensa zoom dengan rentan yang jauh apalagi lensa sapu jagat yang panjang. Selain berat juga ukurannya cukup besar. Dengan lensa 18-55mm Anda dapat bergerak leluasa kesana-kemari ketika memotret.

- Tajam

Ketajamannya memang tidak setara dengan lensa prime maupun lensa seharga puluhan juta. Namun ternyata ketajaman lensa kit 18-55mm sudah sangat lumayan, bahkan lebih bagus ketimbang lensa zoom 18-135mm apalagi lensa sapu jagat. Mungkin karena lensa ini memiliki material optik yang tidak terlalu banyak sehingga ketajaman terjaga baik dari posisi 18mm, 24mm, 35mm sampai 55mm. Bandingkan dengan lensa panjang yang biasanya hanya tajam pada posisi 18mm sampai 85mm, jika sudah diputar pada posisi 100mm keatas ketajaman sedikit berkurang.

- Harga murah

Kelebihan yang cukup menonjol adalah harganya yang sangat murah. Bayangkan saja, untuk harga lensa 18-135mm Anda sudah bisa mendapatkan 18-55mm dua buah. Harga baru lensa kit ini hanya berkisar 1 juta sampai 1,2 jutaan. Sedangkan untuk harga second hanya sekitar 900 ribu sampai 800 ribu tergantung kondisi. Pilihan yang cukup bagus jika Anda menggunakan lensa kit ini. Mengapa sangat timpang harganya dengan lensa lain? Ini karena lensa kit diproduksi sangat banyak dan materialnya juga tidak terlalu rumit. Berbeda dengan lensa puluhan juta yang diproduksi sedikit dan juga tentunya sedikit peminatnya.

- Aksesoris murah

Anda bisa menggunakan aksesoris dengan harga murah pada lensa 18-55mm. Sebagai contoh berbagai filter baik UV, ND dan filter lainnya karena ukuran ulir lensa ini hanya 52mm. Sedangkan lensa besar memiliki ulir besar dan tentunya lebih mahal harganya.

- Minimum distance lebih dekat

Kedua lensa baik 18–55mm f/3.5–5.6 Canon maupun Nikon ternyata memiliki kemampuan fokus jarak dekat yang masih lebih baik jika dibandingkan dengan lensa 17–55mm f/2.8 yang berlipat-lipat jauh lebih mahal. Tentu saja lensa kit dapat memotret makro sedikit lebih baik meski masih kalah dibandingkan lensa makro asli.

Share this

0 Comment to "KELEBIHAN LENSA KIT 18-55mm"

Post a comment