27 November 2016

CARA MEMILIH DAN MEMBELI LENSA KAMERA BEKAS

Lensa bekas, terutama yang cukup lama kadang-kadang bisa didapatkan jauh lebih murah dan bisa menghasilkan kualitas foto yang sama baiknya dengan lensa baru. Tapi sebelum kita membeli lensa bekas, kita butuh memeriksa keadaannya. Biasanya, jika saya membeli lensa bekas, saya akan memeriksa :


kurniawanjaka.blogspot.com





1. Apakah ada goresan di bagian depan dan belakang lensa?

Untuk memeriksanya dengan seksama, saya biasanya membersihkan bagian depan dan belakang lensa dari debu dengan blower/peniup debu, dan kemudian membersihkan noda membandel dengan mengunakan cairan pembersih lensa dengan kain microfiber. Setelah itu saya baru memeriksa lensa dengan seksama.

Jika ada goresan di bagian depan lensa, saya akan melihat apakah goresan itu cukup besar dan terdapat di bagian tengah? Jika terletak di bagian tengah dan cukup besar, itu kemungkinan besar akan mempengaruhi kualitas foto. Sedangkan bila goresan itu kecil dan terdapat di bagian pinggir lensa, itu tidak akan menurunkan kualitas foto.

Sebaliknya, goresan yang terletak di bagian belakang lensa kemungkinan besar akan menurunkan kualitas foto.

2. Apakah ada debu di bagian dalam / internal lensa?

Jika ada sedikit debu di bagian dalam lensa, itu tidak akan mempengaruhi kualitas foto. Tapi bila sudah banyak dan berkelompok, maka kualitas foto akan menurun. Untuk membersihkan debu di dalam lensa cukup sulit dan sebaiknya dilakukan oleh profesional.





3. Apakah ada jamur?

Bila ada jamur, kualitas foto yang dihasilkan lensa akan sangat menurun. Bila jamurnya sedikit, hasil foto menjadi agak gelap. Jika banyak jamurnya, foto akan gelap dan tidak tajam. Jamur timbul karena lensa di letakkan di tempat yang kelembabannya tinggi dan lingkungan yang kotor (banyak debu). Untuk melindungi lensa dari jamur, kita menyimpan lensa di tempat yang bersih dan kelembabannya terkendali, seperti di dry box/dry cabinet. Jika lensa kita sudah terlanjur tumbuh jamur, kita bisa mencoba mematikannya dengan menyinarinya dengan sinar matahari. Sewaktu menyinarinya dengan matahari, jangan melihat lensa karena mata kita bisa rusak.
Jamur hidup dari air yang diserap dari udara dan nutrisi dari debu. Jamur bisa kita lihat dengan menyinari lensa. Bentuknya noda hitam yang memiliki cabang-cabang seperti akar yang disebut mycellium.
Untuk membersihkan lensa dari jamur, kita butuh tenaga profesional dan biasanya ongkos reparasinya tidak murah. Kadang kala kita harus mengganti elemen lensa karena zat kimia lensa sudah merusak lensa.




4. Apakah mekanik lensa bekerja dengan baik?

Setelah memeriksa bagian dalam lensa, kita juga harus memeriksa mekanik lensa yaitu zoom dan fokusnya. Apakah barrel zoom saat kita zoom in dan zoom out? Jika tidak mulus, kemungkinan ada pasir atau batu halus yang menghambat.
Memang, ada juga lensa yang memang yang di desain supaya zoomnya agak berat, hal ini dilakukan sengaja untuk mencegah lensa memanjang sendiri saat digantung.

Semoga info ini bisa membantu yang sedang mencari lensa bekas yang murah
 

 


Share this

0 Comment to "CARA MEMILIH DAN MEMBELI LENSA KAMERA BEKAS"

Post a comment