29 November 2016

TEKNIK FREE FORMAT PHOTOGRAPHY


kurniawanjaka.blogspot.com

Free Format Gear

Oke, sekarang masuk pada bagian pembahasan yang paling menarik, Gear! Jadi peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk dapat mengaplikasikan konsep Free Format ini dengan baik? Pada dasarnya, kamera dengan format sensor APS sudah sangat cukup untuk dapat mensimulasikan format hingga ukuran 6x7 atau 6x9 dengan baik dan mudah. Pemilihan jenis kamera apakah mirrorless atau DSLR tidak
lah menjadi masalah, keduanya dapat digunakan dengan baik tanpa masalah dalam proses ini. Kamera kelas entry-level pun tidak mengalami masalah dalam hal ini.
kurniawanjaka.blogspot.com
Pemilihan lensa, yang menjadi perhatian utama adalah pada Focal Length. Seperti dijelaskan sebelumnya diatas, pemilihan FL sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dalam pemotretan. Lensa dengan range FL 35 – 50mm cukup fleksibel untuk pengambilan foto-foto dengan sudut wide, misalnya untuk landscape. Untuk keperluan umum, lensa dengan range FL 80 – 200mm cukup fleksibel, misal untuk still life, portrait, fashion dan produk.

Bukaan aperture yang ekstra besar tidak terlalu diperlukan untuk mendapatkan DoF yang tipis, sehingga pengaplikasian teknik tersebut pada dasarnya tidak memerlukan lensa mahal. Ya, lensa “generik” seperti 135/2.8, 85/1.8 atau bahkan lensa telezoom 70-300/4-5.6 (atau 55-200/4-5.6) sudah  sangat cukup untuk menghasilkan gambar dengan efek dramatis, dan karakter seperti layaknya kamera medium format.

Oke, untuk mempermudah  dalam eksekusi & bereksperimen,  sedikit cara, langkah demi langkah. Mari kita simak langkahnya :

1. Set kamera pada mode M (manual). Kenapa Manual? Untuk menyamakan eksposure tiap frame yang diambil. Kalau bisa, WB juga jangan diset di Auto WB. Pilih WB sesuai lingkungan. Oke, siap? Ukur eksposure.. tespret bila perlu, set juga WB sesuai kebutuhan.

2. Lanjut, fokuskan  lensa kepada obyek. Pakai lensa manual mudah, tinggal fokuskan, dan jepret. Kalau pakai lensa AF, fungsikan tombol AF-Lock, atau bisa juga me-lock fokus antar jepretan dengan tetap tahan tombol shutter setengah (jangan dilepas).

3. Ambil sequence gambar, membentuk puzzle (tiling). Bisa searah jarum jam, atau bagaimana pattern/polanya, terserah kenyamanan.


kurniawanjaka.blogspot.com

5. Crop, edit, poles2 dikit sesuai selera

kurniawanjaka.blogspot.com




6. Dan jadi...

kurniawanjaka.blogspot.com

Share this

0 Comment to "TEKNIK FREE FORMAT PHOTOGRAPHY"

Post a comment